Minum Soda saat Hamil

Risiko Minum Soda saat Hamil

Risiko Minum Soda saat Hamil

Risiko Minum Soda saat Hamil – Mengkonsumsi minuman bersoda terlalu sering selama kehamilan dapat membawa berbagai efek negatif pada kesehatan ibu hamil dan anak-anak yang belum lahir, termasuk:

  1. Angkat bahaya penambahan berat badan berlebih

Soda mengandung gula dan juga kalori tinggi, sehingga penggunaan soda yang berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Menambah berat badan selama kehamilan tidak dapat diremehkan karena fakta bahwa itu dapat meningkatkan bahaya wanita hamil yang mengalami diabetes gestasional.

Seiring dengan diabetes mellitus gestasional, kelebihan berat badan saat hamil dapat meningkatkan risiko kehilangan bayi yang belum lahir, hipertensi, persalinan dini, dan juga kelebihan berat badan pada bayi.

  1. Meningkatnya risiko cacat lahir

Minuman bersoda terdiri dari pemanis buatan. Di antara pemanis buatan yang sering dimiliki dalam soda adalah aspartame. Studi penelitian mengungkapkan bahwa asupan aspartam pada wanita hamil dapat meningkatkan ancaman cacat lahir. Namun, ini masih perlu diperiksa tambahan.

  1. Meningkatkan risiko anak dengan berat badan lahir rendah

Salah satu alasan wanita hamil perlu membatasi soda adalah bahan kafein yang tinggi. Kafein tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena fakta bahwa senyawa ini dapat menembus plasenta dan berdampak pada pertumbuhan janin. Tingkat konsumsi kafein yang tinggi saat hamil sering dikaitkan dengan ancaman bayi yang lahir dengan berat badan rendah dan kelainan.

Risiko Minum Soda saat Hamil

  1. Kurangnya konsumsi kalsium

Kandungan kafein yang tinggi dalam minuman ringan juga dapat menghambat penyerapan kalsium. Jika ini terjadi, Anda akan menghadapi ancaman pelemahan tulang di kemudian hari.

Selain itu, tidak adanya konsumsi kalsium selama kehamilan juga dapat meningkatkan kadar timbal dalam darah. Kadar timbal yang tinggi dalam darah ibu hamil dapat mengganggu pertumbuhan pikiran janin

 

  1. Mempengaruhi kemajuan motorik anak-anak.

Terlalu banyak asupan minuman bersoda selama kehamilan dapat memengaruhi perkembangan motor listrik anak yang hebat nantinya. Penelitian mengungkapkan wanita hamil yang mengonsumsi banyak gula, terutama gula dari soda, memiliki kecenderungan untuk menghidupkan anak-anak muda yang memiliki kapasitas pemecahan masalah yang buruk dan juga ingatan yang lemah.

Itu la beberapa resiko yang akan terjadi bila minum soda di saat hamil